Agama

           Sejarah orang Sunda di bidang keagamaan dan kepercayaan pada dasarnya mengalami empat periode, yaitu masa animisme & dinamisme, masa pengaruh Hindu, masa pengislaman, dan masa pengaruh agama Katholik & Protestan yang dibawa oleh para penjajah selama kurang lebih tiga abad di tanah air kita. Pengaruh pandangan masa pra Islam mungkin masih terdapat dalam cara hidup orang Sunda yang sekarang kebanyakan beragama islam. Umpamanya banyak sekali “pamali”/”cadu”(tabu), yaitu larangan-larangan yang diwariskan secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya, yang bila dilanggar akan membawa akibat bagi pelanggarnya. Di samping itu percaya pada perhitungan-perhitungan waktu (petangan atau palintangan), untuk melakukan sesuatu yang penting, misalnya menentukan waktu pernikahan, pindah rumah,bepergian, menentukan jodoh, mencari barang hilang, memberi nama bayi, dan lain-lain. Masih ada orang Sunda  yang percaya tahayul, makhluk halus, santet atau teluh, dsb. terutama orang-orang di pedesaan.

            Sejak sekitar abad ke-15 agama Islam menjadi agama yang dipeluk oleh orang Sunda. Pengaruh agama Islam dalam kehidupan  masyarakat Sunda sangat besar. Mereka umumnya patuh menjalankan ibadah yang diwajibkan dalam agama Islam , seperti shalat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, membayar zakat, dan hasrat menunaikan ibadah haji pun sangat besar, hal ini tercermin dari data statistik jemaah haji asal Jawa Barat yang  setiap tahunnya meningkat dibanding jemaah haji dari propinsi lain di Indonesia.

           Di samping itu,  adat  yang berlaku di tanah Sunda pun sangat kuat mencerminkan pengaruh  Islam, Itu nampak jelas pada hukum  waris, pernikahan, dan sebagainya.

        Sekitar kurang lebih 98 % dari jumlah penduduk Jawa Barat tercatat sebagai pemeluk agama Islam, sisanya tercatat sebagai pemeluk agama Katholik, Kristen, Budha, dan agama/kepercayaan lainnya. Pemeluk agama di luar Islam kebanyakan orang-orang pendatang.

Berikan Komentar

E-mail Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang bertanda bintang harus diisi !

*