Selayang Pandang

 

ARTI LAMBANG PROPINSI JAWA BARAT

 

A. MAKNA  BENTUK  DAN MOTIF

Secara keseluruhan lambang Pemerintah Propinsi Jawa Barat berbentuk bulat telur dengan hiasan pita di bagian bawahnya yang berisikan motto Jawa Barat. Makna daripada  bentuk dan motif yang terdapat dalam lambang ialah :

  1. Bentuk bulat telur pada lambang Jawa Barat berasal dari bentuk perisai yang banyak dipakai oleh para laskar kerajaan zaman dahulu, makna perisai sebagai penjagaan diri.
  2. Kujang yang berada di tengah-tengah adalah senjata pusaka yang tajam  serba  guna bagi masyarakat Sunda masa lalu. Lima lubang pada kujang melambangkan dasar negara,  Pancasila.
  3. Setangkai padi yang terdapat di sisi sebelah kiri melambangkan bahan makanan pokok masyarakat Jawa Barat  sekaligus juga melambangkan kesuburan pangan, dan jumlah padi 17 menggambarkan tanggal  Proklamasi Republik Indonesia.
  4. Kapas yang berada di sebelah kanan melambangkan kesuburan sandang, dan 8 kuntum bunga menggambarkan bulan proklamasi Republik Indonesia.
  5. Gunung yang terdapat di bawah padi dan kapas  melambangkan bahwa daerah Jawa Barat terdiri atas daerah pegunungan.
  6. Sungai dan Terusan yang terdapat di bawah gunung sebelah kiri melambangkan di Jawa Barat banyak terdapat sungai dan saluran air yang sangat berguna untuk pertanian.
  7. Petak-petak yang terdapat di bawah gunung sebelah kanan melambangkan banyaknya pesawahan dan perkebunan. Masyarakat Jawa Barat umumnya hidup mengandalkan kesuburan tanahnya yang diolah menjadi lahan pertanian.
  8. Dam/bendungan yang terdapat di tengah-tengah bagian bawah antara gambar sungai dan petak melambangkan kegiatan di bidang irigasi yang merupakan salah satu perhatian pokok mengingat Jawa Barat merupakan daerah agraris.

 

B. MAKNA WARNA

 Warna yang mendominasi pada lambang Jawa Barat adalah hijau, makna warna-warna yang dipergunakan dalam mewarnai motif lambang adalah :

  1. Hijau bermakna kesuburan dan kemakmuran tanah Jawa Barat.
  2. kuning bermakna keagungan, kemulyaan dan kekayaan.
  3. hitam bermakna keteguhan dan keabadian.
  4. biru bermakna ketentraman atau kedamaian
  5. merah bermakna keberanian.
  6. putih bermakna kemurnian /kesucian atau kejujuran.

C. MOTTO DAERAH

Motto daerah Jawa Barat adalah “Gemah Ripah Repeh Rapih”, kata gemah-ripah dan repeh-rapih merupakan kata majemuk yang mempunyai arti sebagai berikut  :

– Gemah-ripah   : subur makmur, cukup sandang dan pangan.

– repeh-rapih      :  rukun dan damai atau aman sentosa.

 

Arti dari motto daerah Jawa Barat secara keseluruhan ialah menyatakan bahwa Jawa Barat merupakan daerah yang kaya raya/subur makmur didiami oleh banyak penduduk yang hidup  rukun dan damai.

VISI DAN MISI PEMERINTAH PROPINSI JAWA BARAT

VISI :

Visi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
Jawa Barat Maju dan Sejahtera Untuk Semua

Visi Akselerasi Pemerintahan Propinsi Jawa Barat:

“Akselerasi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Guna Mendukung Pencapian Visi Jawa Barat Tahun 2010.”

MISI :

1.Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Sumber Daya Manusia Jawa  Barat.
2. Pengembangan Struktur Perekonomian Regional yang Tangguh.
3. Pemantapan Kinerja Pemerintah Daerah.
4. Peningkatan Implementasi Pembangunan Berkelanjutan.
5. Peningkatan Kualitas Kehidupan Sosial yang berlandaskan Agama dan Budaya   Daerah

Satu komentar

  1. Hai tim anjungan jawa barat taman mini. Boleh tanya kalau misal mau mengadakan pernikahan di anjungan jawa barat, berapa pricelist-nya ya? alalu bagaimana dengan rekanan-rekanannya apa sayja?
    terima kasih

Berikan Komentar

E-mail Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang bertanda bintang harus diisi !

*